Sabtu, 15 Oktober 2011

Piodalan Ida Bhatara Turun Kabeh Desa Les-Penuktukan Tahun 2011

Piodalan Ida Bhatara Turun Kabeh tahun ini di desa les kecamatan tejakula kabupaten Buleleng berlangsung selama 12 hari, dari tanggal 1 oktober 2011 sampai dengan 12 oktober 2011. Piodalan kali ini terlihat sedikit berbeda karena sudah 2 tahun tidak di adakan odalan berhubung dengan pembangunan di pura puseh panjingan. Hal tersebut membuat para kerama desa les dan penuktukan sangat menantikan Piodalan tahun ini.

Seperti biasanya hari pertama piodalan( tanggal 1 Oktober 2011) adalah mulai ngodal Ratu Sami yang dimulai senja hari menjelang malam yaitu sekitar pukul 19.00 wita.. Pada saat ngodal Ratu Sami semua kerama desa baik itu yang berkedudukan sebagai jero keraman, jero tabuh, pregina serta perangkat desa lainnya berkumpul di pura baleagung dan bersama-sama menuju pura yang disungsung oleh seluruh masyarakat desa les tempat berstananya Ratu Sami.




Adapun Pura yang termasuk ke dalam kelompok tersebut diantaranya adalah : pura puseh, pura, dalem pingit( dalem suci), pura dalem soananyar, pura dalem gremet, pura geria, pura dangka, pura naga(pura segara), pura beji, pura sengguhu,pura subak, pura baleagung, dan masih ada beberapa pura yng terletak di desa penuktukan. Sementara pada tepat tengah malam hari dilaksanakan ngodal Ratu Gede yang berstana di pura merajan desa. Para kerama desa les dan penuktukan pun tidak menyia-nyiakan kesempatan yang biasanya diadakan setahun sekali ini untuk "ngiring" baik itu tua maupun muda.

Keesokan harinya( tanggal 2 oktober 2011) dilanjutkan dengan mekiis ke segara. Pada pagi harinya sekitar pukul 06.30 wita Ida Bhatara dan kerama desa sudah memargi menuju segara dimana penduduk setempat menyebutkan dengan nama "palisan". Pada saat mekiis juga merupakan kesempatan pada kerama desa les dan penuktukan untuk mempersembahkan haturan(bersembahyang). Sore harinya sekitar pukul 15. 00 wita sudah besiap untuk memargi kembali ke pura baleagung. Adapun rute yang ditempuh berbeda dengan rute ketika menuju segara.

Pada saat menuju segara melalui perbatasan desa les yakni melewati pura naga namun ketika kembali melalui desa penuktukan. Di sepanjang perjalanan banyak warga yang menyumbangkan minuman guna mengurangi rasa dahaga para pemedek yang ngiring. Setelah tiba di pura bale agung, pengiring yang lumayan banyak dipersilahkan untuk di pura bale agung sampai proses selesai yakni setelah Ida Bhatara manggung baru para pemedek dipersilahkan untuk meninggalkan pura.

Esok harinya tanggal 3 oktober 2011 merupakan "ngeneng" artinya waktu untuk beristirahat. Para jero penabuh dan pregina pun tidak bertugas pada saat ngeneng. Tanggal 4 oktober 2011 dilaksanakan mekiis ke pura pegonjongan. Pura pegonjongan memiliki hubungan sejarah yang dekat dengan desa les, pura pegonjongan terletak di desa sambirenteng sebelah timur desa les dan penuktukan. Pagi hari sudah memargi menuju pura pegonjongan yang jaraknya lumayan jauh.

Puncak piodalan jatuh pada purnama sasih kapat tanggal 11 oktober. Pada hari ini diadakan melasti dan Baakti ageng mantuk Ratu Gede. Masyarakat desa les penuktukan biasanya menantikan puncak piodalan ini untuk bersembahyang pura baleagung di hadapan Ida Bhatara Ratu Gede dan Ratu Sami pamekas Ida Sang Hyang Widi Wasa untuk memohon keselamatan.

1 komentar:

  1. numpang sedot kawan!!!
    kujungi link ini sob, http://dexw.blogspot.com/

    BalasHapus